Uncategorized

Hiking Ke Gunung Pundak

Aktivitas mendaki bisa jadi terdengar menakutkan untuk orang awam. Demikian juga yang penulis natural sewaktu hendak berangkat kala itu. Terdapat rasa semacam takut serta waspadai kala ekspedisi diawali, terlebih waktu itu cuaca lagi masa hujan. Banyak cerita negatif seputar aktivitas mendaki yang tidak dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya serta tersebar lumayan luas. Tidak tidak sering malah membuat orang ogah buat mendaki sebab khawatir dengan cerita- cerita tersebut, paling utama cerita mistis. Sementara itu mendaki merupakan sesuatu aktivitas yang mengasyikkan.

Kamu bisa menyegarkan benak dari sibuknya pekerjaan di kantor, lembaran bab skripsi, maupun tugas sekolah yang makin meningkat tanpa terdapat habisnya. Asal kita mendaki dengan persiapan serta senantiasa melindungi adab kala di ekspedisi, yakinlah ekspedisi pendakian kita hendak mudah. Untuk Kamu yang baru awal kali melaksanakan aktivitas mendaki, alangkah baiknya supaya memilah destinasi pendakian yang tidak sangat besar serta mempunyai trek yang lumayan gampang buat dijangkau.

Di Jawa Timur banyak sekali mempunyai pegunungan yang indah buat dieksplor, Gunung Pundak merupakan salah satunya. Gunung Pundak dapat jadi destinasi yang sesuai untuk pendaki pendatang baru. Bisa jadi namanya tidak setenar gunung- gunung yang lain di Jawa Timur. Tetapi jangan salah, view yang disuguhkan tidak kalah menarik dibandingkan gunung- gunung yang lain. Lokasinya juga lumayan gampang dijangkau dari Kota Surabaya. Gunung Pundak berlokasi di Desa Claket, Kec. Pacet, Kab. Mojokerto, Jawa Timur. Gunung ini mempunyai ketinggian dekat 1. 585 mdpl. Sebab mempunyai ketinggian yang relatif rendah dibandingkan gunung yang lain, tempat ini sangat sesuai untuk para pendaki pendatang baru yang lagi belajar ataupun baru awal kali melaksanakan aktivitas hiking.

Gunung Pundak mempunyai medan yang relatif gampang serta lumayan bersahabat. Track yang tidak begitu banyak mempunyai tanjakan sangat sesuai untuk Kamu yang mau belajar mendaki gunung. Jalan mengarah ke pos pendakian ini lumayan gampang diakses sebab akses jalur yang telah sangat bagus. Buat mengarah ke posisi, Kamu dapat memakai kendaraan individu semacam mobil ataupun motor. Supaya tidak tersesat jangan kurang ingat perhatikan rambu- rambu ataupun pakai aplikasi Google Maps di Hp Kamu.

Di gapura pintu masuk, Kamu hendak dikenakan bayaran masuk dekat Rp. 10. 000. Sebagian ratus m setelah itu kamu hendak datang di Pos Pendakian Puthuk Siwur. Kamu tinggal memarkir kendaraan kamu di tempat parkir yang sudah disediakan. Di posisi ini pula ada warung makan untuk kamu yang mau memesan santapan berat, kemilan, gorengan, maupun minuman hangat semacam the ataupun kopi.

Kamu diharuskan melaksanakan pendaftaran di pos pendakian dengan bayaran retribusi dekat Rp. 10. 000. Kamu serta rombongan diharuskan mengisi informasi diri di pos pendakian tersebut. Berikutnya Kamu dapat lekas melanjutkan ekspedisi. Pada dikala penulis serta rombongan mendaki ke Gunung Pundak, kami berangkat dari pos pendakian hari Sabtu dekat jam 8 malam. Tenang, di posisi ini lumayan nyaman buat melaksanakan pendakian pada malam hari. Banyak pendaki yang mendaki pada sore hingga malam hari di posisi ini. Pastinya penulis lebih merekomendasikan Kamu buat mendaki kala pagi hingga sore hari, terlebih bila cuaca sudah merambah masa hujan. Bila terpaksa mendaki pada malam hari, upayakan Kamu mengajak anggota rombongan yang telah lumayan mahir mendaki buat mengawal ekspedisi.

Di ekspedisi kami lewat hutan dengan pohon- pohon pinus yang besar. Medan yang kami lalui lumayan ringan. Pada sebagian bagian ada jalanan menanjak yang lumayan merepotkan serta menghabiskan tenaga kami, terlebih untuk pendaki pendatang baru. Bila letih, Kamu tinggal rehat sebentar buat duduk serta minum sembari memandangi langit di dekat pegunungan yang sangat terang bertaburan bintang bila Kamu beruntung. Kala kami mendaki kami lumayan beruntung dapat melihat bintang- bintang serta sinar lampu kota Mojokerto. Track yang kami lewatkan pada sebagian bagian ada jalanan yang becek serta licin akibat hujan pada malam tadinya. Penulis sangat menganjurkan supaya berjaga- jaga kala mendaki pada masa hujan. Pakai sepatu ataupun sandal spesial buat mendaki supaya tidak gampang tergelincir di track yang licin.

Ekspedisi memerlukan waktu kurang lebih dekat 2, 5 jam. Kami kesimpulannya datang di posisi camping Gunung Pundak. Jam telah menampilkan jam 22. 30 malam serta kami lekas bergegas mendirikan tenda sebab cuaca yang telah mulai dingin menusuk kulit. Jangan heran bila Kamu mendaki di mari pada akhir minggu, Kamu hendak menemui tenda yang berjajar penuhi zona camping Gunung Pundak. Sebab itu penulis merekomendasikan supaya Kamu melaksanakan pendakian tidak sangat malam. Itu sebab terus menjadi malam posisi ini hendak terus menjadi penuh dengan tenda- tenda pendaki lain. Sehabis tenda berdiri, kami memutuskan buat lekas istirahat.

Pagi sudah datang, jam telah menampilkan jam 4 pagi. Kami juga terbangun buat menikmati sunrise. Cuaca lumayan terang pagi ini sehingga kami bisa menikmati matahari terbit yang indah bercorak jingga. Kami berjalan- jalan di dekat zona camping buat menikmati panorama alam serta berpotret- potret. Nampak di seberang puncak Gunung Pundak berdiri megah Puncak Gunung Welirang yang nampak lumayan dekat. Pagi itu Gunung Pundak lumayan ramai dengan pendaki dari bermacam kota di Jawa Timur ataupun luar Jawa Timur.

Puas difoto, kami juga kembali ke tenda buat makan pagi serta bergegas buat turun dari gunung. Sehabis tenda serta beberapa barang kami kemasi, kami juga mulai berjalan buat kembali ke Pos Pendakian. Di tengah jalur yang kami lewatkan tadi malam, kami melewati hutan pinus yang sangat asri. Panorama alam sangat indah di dasar pohon- pohon pinus yang lebat. Banyak pendaki yang menyudahi disini buat hanya ber- selfie ataupun difoto bersama sahabatnya.